Tips menerbangkan UAV agar battere LiPO tidak cepat Drop

09.05
Pernahkah terlintas dalam benak Anda, bahwa attitude kita dalam membuat perencanaan terbang dengan UAV memiliki peranan penting dalam menjaga usia battere LiPO yang digunakan? Jika belum, silahkan baca tips cara menerbangkan UAV agar battere LiPO tidak cepat drop, don't missed it :D

  1. Dalam pembuatan rencana terbang, batasi waktu maksimal terbang agar tidak melewati batas kemampuan Battere dalam menyediakan daya untuk UAV. Berikan spare/sisa kapasitas daya battere LiPO untuk proses tidak terduga dalam penerbangan (kurang lebih 30% -40% dari daya maksimal battere), misal ketika kecepatan angin di lokasi terbang lebih tinggi dari perkiraan/yang biasa terjadi, ketika terpaksa harus melakukan manuver lebih jauh untuk menghindar dari obstacle/object tinggi di jalur penerbangan, ketika melakukan holding circle/ abort landing dalam masa tunggu ketika proses clearence area landing.
  2. Semakin rendah kondisi daya yang tersisa dalam battere ketika dicharge, maka semakin besar resiko pengurangan umur penggunaan battere. Dalam setiap operasi penerbangan UAV, pastikan unit UAV landing sebelum battere habis. Tunda misi penerbangan untuk melakukan penggantian battere. Batas minimal kapasitas battere LiPO yang tersisa setelah digunakan adalah 20%. Melewati batas tersebut menyebabkan lifetime battere berkurang. Hindarkan battere tidak dicharge hingga mencapai kapasitas 5%, hal ini akan menyebabkan battere rusak/sulit untuk dicharge kembali.
  3. Dalam pembuatan rencana terbang/pada saat menerbangkan UAV, perhatikan kondisi sekitar dari operasi penerbangan melalui penglihatan langsung atau panel informasi ground controller. Semakin kuat angin berhembus, semakin banyak daya yang dibutuhkan oleh UAV untuk terbang dan semakin cepat daya battere LiPO akan habis. Jika kendala angin tersebut muncul, maka segera landingkan UAV sebelum menyentuh batas/limit aman daya yang tersisa dalam battere LiPO.
  4. Dalam temperatur rendah kurang dari 5 derajat celcius, hangatkan terlebih dahulu battere sebelum digunakan. Daya battere LiPO akan lebih cepat habis dalam temperatur yang rendah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »